Translate

Sunday 12 October 2014

Uji Reliabilitas



Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s

Dalam statistik SPSS Uji Reliabilitas berfungsi untuk mengetahui tingkat kekonsistensian angket yang digunakan oleh peneliti sehigga angket tersebut dapat dihandalkan, walaupun penelitian dilakukan berulangkali dengan angket yang sama. Uji Reliabilitas dalam hal ini mengacu pada nilai Alpha yang dihasilkan dalam output SPSS. Seperti halnya pada uji-uji statistik lainnya hasil Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s pun berpedoman pada dasar pengambilan keputusan yang telah ditentukan.

Dasar pengambilan keputusan dalam Uji Reliabilitas adalah:
1.    jika nilai Alpha lebih besar dari r tabel maka item-item angket yang digunakan dinyatakan reliabel atau konsisten,
2.    jika nilai Alpha lebih kecil dari rtabel maka item-item angket yang digunakan dinyatakan tidak reliabiel atau tidak konsisten.
Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain:

1. Persiapkan data yang akan di uji dalam excel. Contoh untuk menguji reliabilitas dengan N = 20 dan item angket 7 buah. Datanya sebagai berikut:



2. Buka Program SPSS dan klik Variable View, dibagian pojok kiri bawah.
3. Pada bagian Name tuliskan Item_1 ke bawah sampai Item_7 (sampai 7 karena item angket yang valid. Pada Decimals ubah semua menjadi angka 0, abaikan yang lainnnya.
 
4. Klik Data View (dibagian pojok kiri bawah) masukkan data angketnya (catatan : angket yang ditulis hanya yang valid saja, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, jika sebelumnya ada item angket yang tidak valid, maka item angket tersebut tidak perlu dilakukan uji reliabilitas), memasukkan data angket bisa dilakukan dengan cara copy paste data angket yang sudah dipersiapkan tadi.
 
5. Selanjutnya, dari menu SPSS pilih Analyze, lalu klik Scale, kemudian klik Reliability Analyze.
 
6. Nah, muncul kotak dialog baru kan dengan nama Reliability Analysis, masukkan semua variabel ke kotak items, kemudian pada bagian model pilih Alpha
 

7. Langkah selanjunya adalah klik Statistics, pada Descriptives for, klik Scale if item deleted, selanjutnya klik Continue. Abaikan pilihan yang lainnya.

   
 











8. Yang terakhir adalah klik Ok untuk mengakhiri perintah, setelah itu akan muncul tampilan outputnya selanjutnya tinggal kita interprestasikan saja.







No comments: